News Update :

Mana Yang Lebih Baik : Blogger atau Wordpress ??

Untuk urusan nge-blog telinga kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Blogger dan Wordpress. Keduanya memberikan tool untuk nge-blog secara gratis. Memang di internet banyak situs yang menyediakan tool buat nge-blog gratisan ataupun berbayar. Tapi Blogger dan Wordpress merupakan yang paling banyak “pengikutnya”. Lalu untuk anda manakah yang paling terbaik? Blogger atau Wordpress ?? Pertanyaan sederhana tapi susah ngejawabnya… 
1. Index di Google Search.
Banyak yang bilang Google Search Engine adalah mesin pencari nomor satu. Dan orang-orang berlomba agar situs mereka dapat muncul pada posisi teratas atau paling tidak pada halaman pertama. Dari pengalaman saya, posting yang ditulis di Blogger lebih cepat ke index sama Google daripada postingan wordpress. Hal ini mungkin karena Google Search Engine dan Blogger milik Google, jadi terasa sekali ada unsur KKN.. :) Selain itu di Blogger kita tidak perlu melakukan sumbit sitemap situs / submit URL kita. Untuk masalah ini Bloger menang. 1:0 untuk Blogger.

2. Tampilan Blog

Blogger hanya menyediakan beberapa themes untuk tampilan. Demikian juga wordpress. Selebihnya kita cari sendiri di internet. Masalahnya themes untuk blogger kebanyakan XML. Sehingga akan “ribet” bagi orang awam yang tidak paham mengenai XML. Wordpress ? Lebih banyak themes. Tinggal pilih mau 1, 2 atau 3 terus instal, tidak perlu tau soal XML. Wordpress menyamakan kedudukan imbang 1:1.

3. Plugins Pendukung

Plugin merupakan program komputer yang digunakan untuk melakukan fungsi atau tugas tertentu dari tool blog. Secara luas plugin memiliki berbagai macam alias seperti addin, add-in, addon, add-on, snap-in atau snapin.Instalasi Plugin wordpress jauh lebih cepat daripada yang disediakan oleh blogger terlebih lagi bila tool diinstalasi pada domain milik kita sendiri, misal .com, .net dan lainnya,. Bila ada kesalahan/error pada plugin wordpress, otomatis plugin tersebut akan menjadi demisioner alias di non aktifkan. Untuk instalasi plugin menurut saya wordpress masih lebih baik dari pada blogger. Wordpress memimpin 2:1.

4. Iklan

Seperti kita ketahui, iklan merupakan salah satu sumber untuk menghasilkan uang atau pendapatan dari nge-blog. Untuk urusan iklan Google Adsense memang jagonya dan untuk masalah ini Blogger selangkah lebih maju dari wordpress. Seperti halnya dengan Index pada Google Search Engine yang sarat dengan nuansa KKN, pemasangan iklan dari google adsense di Blogger selangkah lebih mudah daripada di wordpress. Blogger kembali menyamakan kedudukan 2:2.

5. Pengunjung

Untuk membandingkan jumlah pengunjung Blogger dan Wordpress secara kasar bisa dilihat dari Alexa Rank. Data Alexa (per 2 Februari 2009) menunjukkan Blogger memiliki peringkat 9 (sembilan) sedangkan Wordpress pada peringkat 24 (dua puluh empat). Blogger unggul 3:2 atas Wordpress. Tapi… eit tunggu dulu! Wordpress.com memang kalah peringkat dari Blogger. Bukannya mau ngedukung wordpress. Tapi Wordpress sebagai CMS alias tool buat bikin postingan/blog tidak cuma dipakai di wordpress.com saja, tetapi juga di banyak situs di internet. Kalo istilah Orde Baru : Kekuatan Laten… :) jadi ada kemungkinan “kekuatan” wordpress bisa menyamakan kedudukan atau mungkin dapat melebihi Blogger. 
Lalu mana yang terbaik? Saya hanya dapat menyarankan jika anda ingin blog anda cepat ke index oleh google, mudah memasang iklan adsense dan termasuk dalam komunitas dengan pengunjung yang “banyak”, gunakanlah Blogger. Tapi jika anda ingin blog anda mudah untuk diatur tampilannya, menggunakan banyak plugins pada blog dengan domain dan hosting milik anda sendiri maka gunakanlah Wordpress.
Jalan tengah terbaik adalah dengan membuat blog pada keduanya. Blogger dan Wordpress.

Share this Article on :
     

    © Copyright Studio Bola 2010 -2011 | Design by Sumber-berita.com | Published by Disakali Editing | Powered by Bloghost.